M Fikar Datuk Rajo Magek Mendukung Sepenuhnya Pelaksanaan Pagelaran Urak Barabek - 24 inews

Breaking

Selasa, 25 Februari 2020

M Fikar Datuk Rajo Magek Mendukung Sepenuhnya Pelaksanaan Pagelaran Urak Barabek


24INEWS.COM - Pagelaran Urak Balabek merupakan Alek Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji, pagelaran itu akan segera diadakan pada 27 sampai dengan 29 Februari 2020 mendatang, bertempat di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Kecamatan Kuranji.

Ketua Badan Musyawarah Pembanguan Nagari Pauh IX M Fikar Datuk Rajo Magek mendukung sepenuhnya agar terlaksana pagelaran ini dengan baik.

"Demi kesuksesan pagelaran ini maka semua elemen masyarakat Nagari Pauh IX harus turun tangan dan ikut mendukung, karena Urak Barabek ini adalah Alek Nagari Pauh IX, wajib kita sukseskan," kata M Fikar.

Urak Balabek merupakan tradisi pengangkatan guru silek (silat) atau melewakan gala (gelar) guru yang disebut juga dengan tuo silek (tua silat) di Nagari Pauh IX.

M Fikar menyebut, "selaku anak nagari kita harus menghidupkan kembali tradisi yang ada, hal ini dalam rangka pelestarian adat dan budaya," sebutnya.

Guru silat bukanlah guru sembarangan, selain memiliki keterampilan dalam bersilat, juga sebagai simbol yang turut menentukan arah kemajuan nagari.

"Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa diangkat menjadi guru tuo, setelah persyaratan itu terpenuhi, barulah bisa dicalonkan sebagai guru tuo," jelas M Fikar.

Diangkatnya sebagai guru tuo harus mendapat pengakuan dari semua elemen, sebab nantinya para guru tuo itu akan berkiprah dalam berbagai urusan mesyarakat, tidak hanya di dunia persilatan saja.(mc-mf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius