Dharmasraya Pintu Gerbang Lintas Sumatera Melawan Corona - 24 inews

Breaking

Senin, 23 Maret 2020

Dharmasraya Pintu Gerbang Lintas Sumatera Melawan Corona


Oleh ː Rahmad Ramli

18 Kota Kabupaten salah satunya Kabupaten Dharmasraya mengeluarkan surat intruksi terkait pemindahan kegiatan belajar untuk tingkat PAUD, TK, SD, SMP di rumah masing-masing berlaku sejak tangal 20 – 2 April 2020 mendatang. Surat intruksi ini salah satu bentuk pencengahan dini penyebaran virus corona di pusat-pusat keramaian.

Terlihat di beberapa tempat fasilitas umum seperti kantor-kantor pemerintah, kantor Kapolres, Masjid, Dll menjadi pusat perhatin pemerintah Kabupaten dalam melalukan pencengahan dengan penyemprotan desinfektan. Namun ada satu poin terpenting yang luput oleh kita semua yaitu letak Geografis Kabupaten Dharmarsya dengan potensi penyebaran virus corona ini sangat rentan dan rawan.

Kenapa tidak, Kabupaten Dharmasaraya teletak di perbatasan Provinsi anata Provinsi Jambi Dan Riua. Dharmasraya adalah salah satu pintu gerbang masuk ke Provinsi Sumatera Barat melalui jalaur Darat. Dharmasraya di lintasi oleh jalur lintas Sumatera antara pulau Sumatera dengan pulau Jawa, tak terhitung berapa jumlah bus-bus antar provivsi melintasi dan singgah di Ranah Cati Nan Tigo ini.

Dharmasraya adalah salah satu titik transit dan peristirhatan Bus-bus yang berangakat dari pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Dan disini lah poin retan nya penyebaran virus corona yang saya maksutkan. Tidak ada nya pengawasan khusus dari pihak Kabupaten maupun Provinsi dalam mengantisipasi penyebaran virus corona melalui transportasi darat ini. Wallah A’lam kita tidak tahu apa yang telah terjadi pada sahabat-sahabt kita yang datang dari pulau Jawa yang hendak masuk ke pulau Sumatera khusus nya Sumatera Barat ini.

Tepat  pada  hari Jumat tanggal 20 Maret 2020 Pemprov melalukan tindakan pemeriksaan kepada para penguguna jalaur darat yang masuk dari arah Riau tepat nya di kelok 9. Wakil Gubernur yang ditemani oleh BPBD, Dinas Kesehatan, dan Satpol-PP Sumbar melakukan pemeriksaan suhu pengendara yang akan hendak masuk ke dalam wilayah Summatera Barat ini.

Harapan saya ini juga bisa diterapkan di pintu gerbang utama Provisi Sumatera Barat dari pulau Jawa, karena besar kemungkinan disinilah tempat penyebaran virus corona ini. Mudah-mudahan ini semua bisa di atasi dan lakukan secara provesional baik pemerintah Provinsi maupun perintah Kabupaten Dharmsarya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius