HUT PMI ke-75, Hamdani: Mari Bergabung Untuk Kesiap Siagaan Tanggap Bencana - 24 Inews

Breaking

Kamis, 17 September 2020

HUT PMI ke-75, Hamdani: Mari Bergabung Untuk Kesiap Siagaan Tanggap Bencana


24INEWS.COM - Saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, terutama sosial dan ekonomi.

PMI telah melakukan fungsi dan tugasnya secara optimal dalam membantu masyarakat, mulai dari pencegahan, edukasi, sampai pada penanganan pasien Covid-19.

Mengingat krisis kesehatan ini berdampak secara luas kepada sosial dan ekonomi, diperkirakan krisis ini masih akan berlangsung relatif panjang, maka PMI  mengajak masyarakat bersinergi menciptakan solidaritas untuk pelayanan kemanusiaan, baik di persoalan Covid-19 maupun di situasi krisis atau bencana lainnya.

Oleh karena itu penting bagi PMI dalam peringatan ini meluncurkan Tahun Solidaritas untuk Kemanusiaan sesuai dengan tema besar peringatan HUT PMI ke-75. Dengan meluncurkan tema besar ini, diharapkan seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, korporasi, lembaga sosial, dan masyarakat, dan mitra Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dapat bersama-sama bergandengan tangan mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan.

Kegiatan dengan tema Solidaritas untuk kemanusiaan ini bertujuan meningkatkan solidaritas antara semua unsur komponen bangsa untuk mendukung pelayanan kemanusiaan yang optimal, serta memperkuat peran PMI dan seluruh jejaring organisasi dari Pusat hingga Ranting, khususnya di tengah kendala pandemi COVID-19.

Ruang lingkup kegiatan
Peringatan HUT PMI ke 75 tahun ini dimeriahkan dengan 2(dua) kegiatan yang akan dilakukan secara daring, yaitu:

A. Puncak peringatan adalah Peresmian Politeknik Akbara Surakarta dan Pidato Kemanusiaan oleh Ketua Umum Jusuf Kalla
Kegiatan ini akan diikuti oleh 1.000 markas PMI di seluruh Indonesia dan dilakukan dengan menggunakan saluran zoom meeting serta live streaming melalui Youtube Palang Merah Indonesia (PMI).

B. Kampanye Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun secara nasional.
Sebuah kampanye yang memadukan edukasi dan entertainment (edutainment), yaitu mengajak masyarakat luas untuk rajin melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun melalui pesan yang direalisasikan dalam bentuk musik (jingle) – penjelasan lengkap terlampir dalam kerangka acuan terpisah.

PMI Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan juga dapat melakukan kegiatan peringatan HUT PMI lainnya dengan menyesuaikan pada kapasitas masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tanpa melibatkan kerumunan atau keramaian secara langsung.

Pada kegiatan ini, PMI Kota Padang bersama Relawan melakukan beberapa kegiatan, selain mengikuti Daring/Zoom meeting HUT PMI ke-75 bersama PMI se Indonesia, PMI Kota Padang juga melakukan kegiatan pembagian Masker gratis bagi masyarakat yang berlokasi di Pasar Raya Padang.

Sekretaris PMI Kota Padang Hamdani, SHI, MA mengatakan, bahwa dalam rangka HUT PMI ke 75 ini tentu harus mensyukuri terhadap eksistensi PMI yang telah melakukan pengabdian di kota Padang,  harusnya dengan usia ke 75 keberadaan PMI lebih diketahui masyarakat, "Tapi di sayangkan pemahamaman masyarakat masih dangkal dan menganggap PMI hanya sekedar donor darah saja, padahal tugas pokok PMI adalah membantu  korban manusia yang diakibatkan oleh bencana alam, ulah perbuatan tangan manusia, maupun berkiprah mengatasi pandemi termasuk covid-19," kata Dani yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Luki ini.

"Kita juga mengajak masyakarat untuk dapat menerima keberadaan PMI dan mau bergabung dengan PMI Kota Padang melalui kegiatan tanggap bencana, kesiap siagaan bencana, promosi  kesehatan masyarakat , dan donor darah," tambah Dani.

Terkait pandemi Covid-19 yang belum reda, Hamdani menghimbau kepada masyarakat bahwa Covid memang ada dan jangan dibangun image bahwa Covid adakah akal- akalan atau konspirasi, sehingga kita menjadi  lengah dan abai dengan risiko dari Covid-19 itu sendiri.

"Selalu menerapkan protokol Covid-19 dalam kehidupan sehari, menjaga kebersihan, cuci tangan pakai masker dan kurangi aktifitas diluar yang tidak penting termasuk menjaga kesegaran tubuh," pungkas Dani.

Wakil Ketua PMI Kota Padang, Zaiful Zakaria, SH menyampaikan,  bahwa PMI Kota Padang tetap mendukung dan fokus membantu Pemko Padang dalam mengatasi Pendemi Covid-19.

"Kami menghimbau kepada segenap relawan PMI, untuk tetap kompak dan menjaga kesehatan, agar tugas kemanusiaan bisa kita laksanakan dengan optimal," kata Zaiful. (AdF/DT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari