Dramatis, Petugas Ringkus Dua Bandar Sabu - 24 Inews

Breaking

Sabtu, 31 Juli 2021

Dramatis, Petugas Ringkus Dua Bandar Sabu



24INEWS.COM - Aksi penangkapan dua bandar narkoba jenis sabu di Mojokerto berlangsung  secara dramatis. Tim Pemberantas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Mojokerto harus mengeluarkan tembakan peringatan, tiga jam kemudian kedua pelaku baru berhasil diamankan.


Dikutip dari beritajatim.com kedua pelaku yakni, Andri Sugiono (35) dan Andi Kristian (39) warga Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Keduanya diamankan Tim Pemberantas BNNK Mojokerto di sebuah rumah di Jalan Timor, RT 06 RW 03, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.


Keduanya diamankan pada, Jum’at (29/7/2021) sekira pukul 21.00 WIB. Dari kedua pelaku diamankan barang bukti berupa sembilan paket sabu seberat 44,32 gram, satu buah timbangan digital, tujuh bandel plastik klip kecil.


Satu bandel plastik sedang, satu bandel plastik kecil, dua buah Handphone (HP) merk Redmi dan Oppo, satu buah isolasi plastik, satu buah sendok, satu buah potongan sedotan dan sepeda motor Honda PCX nopol S 2588 VW warna putih.


Kepala BNNK Mojokerto, AKBP Suharsi mengatakan, penangkapan terhadap kedua pelaku dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat yang resah akan aktivitas penyalahgunaan barang haram tersebut. Kedua pelaku diincar sejak tiga bulan lalu.


“Kita intens 3 bulan mengincar keduanya. Ini tidak main-main, omzetnya besar dari pengakuan yang bersangkutan. Hasil pantauan kami tranksaksinya sebelumnya itu di atas 1 ons. Saat dilakukan penangkapan, tim juga menemukan bekas kemasan sabu 1 kg,” ungkapnya, Jum’at (30/7/2021).


Penangkapan keduanya berlangsung secara dramatis karena yang bersangkutan sangat lincah dan licik. Bahkan tim mengeluarkan tembakan peringatan karena kedua pelaku berusaha melarikan diri saat digrebek oleh petugas, tim membutuhkan waktu setidaknya tiga jam untuk menangkap keduanya.


“Ketika kami ketok pintu (rumah kedua pelaku diamankan, red), mereka sudah lari semburat di tempat masing-masing. Sebelum melakukan penangkapan, saya meminta kepada anggota tembak ditempat jika pelaku melawan, sebab kita khawatir anggota didorong dari atas loteng karena lokasinya ada di rumah tingkat,” katanya.


Saat dilakukan pengrebakan, lanjut Kepala BNNK, kedua keduanya sedang membagi sabu ke dalam plastik klip ukuran kecil untuk diedarkan. Kedua pelaku cukup licin saat dilakukan pengerebekan lantaran keduanya berusa melarikan diri dengan cara melompat dari atas rumah hingga naik ke plafon rumah.


“Tiga jam baru kita bisa mengamankan keduanya, keduanya ini menurut saya cukup licin karena sangat pintas untuk meloloskan diri. Pengakuan keduanya, barang haram itu didapat dari orang dalam Lapas. Namun bisa saja mengaku-aku, harus membuktikan dulu sebelum menyebutkan barang ini memang dari Lapas,” tuturnya.


Hasil penyelidikan sementara, berdua pelaku mempunyai pasar di sekitar Kota dan Kabupaten Mojokerto. Kepala BNNK menegaskan, jika kedua pelaku bukan pemain kecil. Satu orang berperan sebagai pemeran utama, yang satunya lagi sebagai pembantu dalam hal peranjauam setiap operasional di lapangan.


Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 114 ayat 2, Pasal 112 ayat 2, Pasal 132 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara. (AdF/tin/but)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius