Hari Pahlawan 2021, Berbagai Lomba Diadakan SMPN 21 Padang - 24 Inews

Breaking

Rabu, 10 November 2021

Hari Pahlawan 2021, Berbagai Lomba Diadakan SMPN 21 Padang



24INEWS.COM - SMP Negeri 21 Padang mengadakan beberapa lomba yang mengangkat tema perjuangan, hal ini guna memeriahkan peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, pada Rabu (10/11).


"Lomba yang diangkat bernuansa kepahlawanan, mulai dari fasion show yang menampilkan pakaian pahlawan guna mengetahui bahwa pejuang kita itu tidak seragam dan beraneka ragam, makanya dilomba ini kita munculkan busana dari sabang sampai merauke sebab semua punya andil didalam merebut kemerdekaan," kata Yan Hendrik Kepala SMP Negeri 21 Padang kepada media ini.


Selain itu ada juga lomba solo song tujuannya untuk menonjolkan seni, sebab menurut Yan Hendrik jiwa nasionalis dan patriotik itu perlu dimunculkan dari lagu kebangsaan. Lalu lomba baca puisi untuk mengembangkan talenta peserta didik dibidang karya sastra.


Yan Hendrik menyebut, "tujuan diadakannya lomba ini untuk memberitahukan kepada peserta didik bagaimana perjuangan para pahlawan terdahulu," sebutnya.


"Semangat kepahlawanan itu yang perlu dicontoh oleh generasi muda agar masa depan mereka sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang berkarakter dan berilmu pengetahuan. Menumbuh kembangkan kembali semangat kebersamaan, semangat kegotong royongan guna mewujudkan cita - cita bangsa," sebut Yan Hendrik lagi.


Ia menilai bahwa pendidikan ini perlu ada kesinambungan untuk menggali potensi yang ada, maka dengan kesederhaan menyambut hari pahlawan merupakan momentum membentuk jiwa kepahlawanan itu kepada peserta didik.


"Kita mencoba menyaring dan memfilter semua yang masuk dalam globalisasi maka kita terapkan kepeserta didik hal - hal positif salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan ini," ujar Yan Hendrik.


Yan Hendrik berharap selaku pendidik semoga kegiatan ini menjadikan jiwa kepahlawanan terus mengalir ke peserta didik terutama sekali untuk membina karakter anak bangsa karna teknologi semakin maju sehingga mempengaruhi peserta didik.


Kelas 9.3 Diwakili Ratu Keisya Firlianzi, Yusuf Maulana, Saskia Nafdratul Jannah dan Zifanya


Diketahui bersama bahwa setiap tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.


Senada dengan Yan Hendrik, Lusperia Marbun Wali Kelas 9.3 SMP Negeri 21 Padang juga menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya lomba ini agar peserta didik memahami perjuangan para pahlawan.


"Sebanyak 24 kelas menampilkan satu orang peserta didiknya dimasing - masing lomba solo song dan satu orang baca puisi, sedangkan lomba fasion show masing - masing kelas menampilkan dua orang," kata Lusperia Marbun.


Dengan bangga Lusperia Marbun menyebut, "khusus untuk kelas 9.3 dilomba fasion show tampil Ratu Keisya Firlianzi dengan memakai busana khas pahlawan perempuan Raden Ajeng Kartini dan Yusuf Maulana memakai baju Pangeran Diponegoro," sebutnya.


Untuk lomba baca puisi kelas 9.3 dibawakan oleh Zifanya sedangkan Saskia Nafdratul Jannah mengikuti lomba solo song.


Dalam kesempatan itu Lusperia  berharap, "semoga peserta didik bisa lebih menghargai jasa para pahlawan didalam meraih kemerdekaan," harapnya. (AdF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari