Jalan Nasional Tua Pejat Berlobang, Preservasi PJN Wilayah 1 Sumbar, Dipertanyakan - 24 Inews

Breaking

Sabtu, 18 Desember 2021

Jalan Nasional Tua Pejat Berlobang, Preservasi PJN Wilayah 1 Sumbar, Dipertanyakan

 



Kelihatannya, pekerjaan preservasi jalan di Tua Pejat Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi sorotan. Walaupun tahun ini sudah dikucurkan dana preservasi untuk jalan nasional tersebut, namuh masih terlihat jalan rusak, hancur dan berlubang.


MENTAWAI - Pekerjaan preservasi jalan nasional di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktur Jenderal Bina Marga, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah Sumbar, sering bermasalah, terutama di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Khusus untuk pekerjaan preservasi jalan nasional di Tua Pejat, tahun 2021 juga dikucurkan anggaran untuk preservasi. Namun, masih ada beberapa lokasi tak dikerjakan. Dan, masih terlihat berlubang, sehingga rawan kecelakaan. Pekerjaan fisikpun terlihat bermasalah, terutama pekerjaan  pasangan batu saluran air sudah ada yang retak dan pecah.


Telusuran dilokasi pekerjaan beberapa hari lalu, pasangan batu, terlihat banyak yang retak. Begitu juga lantai saluran air, sudah terkikis.


Hampir sepanjang jalan, sudah terlihat berlubang. Ini beresiko tinggi terhadap kecelakaan. Diperparah lagi, minimnya penerangan dimalam hari. Hampir sepanjang jalan, aspal tipis itu sudah mengelupas dan terlihat bekas coran dibawah aspal tersebut.


Wajar masih tersisanya lubang pada jalan tersebut menuai hujatan warga setempat. Terutama pengendara yang lewat jalan tersebut. Yasmen, PPK jalan  nasional membantah, itu bukan pekerjaan tahun 2021. Tapi, pekerjaan tahun 2018-2019. "Konstruksi soil semen memang bukan struktur, cuma perbaikan tanah," kata Yames via WA kepada tim media.


Juga dikatakan, karena tak ada dana beberapa tahun terakhir ini, makanya tidak bisa ditutup dengan perkerasan. Jadi, pekerjaan hanya seperti ini."Kami sudah usulkan anggaran untuk adanya perkerasan diatas soil semen tersebut. Mudah mudahan disetujui," ungkapnya.


Dengan yakin, ia mengatakan, untuk pekerjaan tahun 2021 ini, akan selesai sebelum Natal. Sebab, tinggal pembersihan. Terkait masih adanya pekerjaan pasangan batu yang sudah retak dan timbunan bahu jalan, ia mengaku pekerjaan sudah sesuai spek. (tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari