IPSI Padang Laksanakan Rapat Koordinasi Dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Padang - 24 Inews

Breaking

Sabtu, 15 Januari 2022

IPSI Padang Laksanakan Rapat Koordinasi Dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Padang

 



24INEWS.COM - Ketua IPSI Padang Zulhardi Z Latif Laksanakan Rapat Koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang membahas tentang persepsi perencanaan honor tuo-tuo silek Se-Kota Padang. Kamis (13/1) siang.


Dalam kesempatan itu ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Z Latif menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah mediasi awal IPSI Kota Padang dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


Dimana pertemuan Ketua IPSI dengan bidang kebudayaan yaitu untuk membahas honor tuo-tuo silek yang sudah diberikan oleh pemerintah Kota Padang, sejak tahun 2018. 


"2017 sertifikasinya dan 2018 terealisasinya sampai tahun sekarang ini. Dan untuk Insentif ini, diberikan kepada tuo-tuo silek sebanyak 130 orang yang nilainya 300 ribu/ bulan," 

kata wakil ketua Komisi IV DPRD Kota Padang ini.


Walaupun bantuan ini nilainya tidak seberapa. Tetapi, ini bisa menjadi motivasi bagi tuo-tuo silek Kota Padang untuk mendapatkan honor uang insentif tuo-tuo silek 300 ribu sekali satu bulan.


Tentunya dengan bantuan uang pembinaan ini, kita akan melihat, memantau dan meninjau ke sasaran-sasaran dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta didampingi oleh IPSI Kota Padang untuk turun ke perguruan-perguruan atau sasaran-sasaran tuo-tuo silek, guna mencari dimana lokasi latihan dan apakah mempunyai anak sasian.


"Disitu kita lihat dimana tuo-tuo silek kita melakukan pembinaan mengembangan guna melestarikan kebudayaan di Kota Padang atau di Minangkabau," ungkapnya.


Dilokasi yang sama Kabid Kebudayaan Amriman juga menyampaikan bahwa IPSI Kota Padang akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dan khusus bagi bidang kebudayaan  nantinya akan memberikan pembinaan kepada tuo-tuo silek. Guna memberikan insentif kepada mereka. 


Sehingga bisa menjadi motivasi bagi para guru-guru tuo silek kita yang ada di Kota Padang, yang nantinya mereka akan termotivasi memberikan pembinaan terhadap anak-anak sasian atau anak kemenakan kita. Sehingga warisan silat tradisional itu bisa langgeng dan berkelanjutan di kota Padang. (Dori)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari