Ketua MGMP PKWU Fitri Yeni: Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Siswa - 24 Inews

Breaking

Sabtu, 05 Februari 2022

Ketua MGMP PKWU Fitri Yeni: Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Siswa




24INEWS.COM--Musyawarah Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (MGMP PKWU) akan menggelar bazar hasil karya peserta didik SMA se Kota Padang, pada Minggu (6/2) di Gor Haji Agus Salim Padang.


Hal ini disampaikan oleh Fitri Yeni, SE ketua MGMP PKWU kepada awak media ini diruang kerjanya, pada Jumat (4/2).


"Kegiatan bazar yang akan dilakukan ini dalam rangka menumbuhkan nilai - nilai kewirausahaan peserta didik dan pembelajaran bermakna bagi peserta didik sesuai dengan pembelajaran paradigma baru," kata Fitri Yeni.


Fitri menjelaskan tujuan dilaksanakan bazar ini agar para siswa dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan untuk masa yang akan datang.


"Selain itu para siswa juga dapat mempromosikan hasil karyanya dan menjual sebagai hasil produknya, membangun motivasi para siswa agar mendapatkan inspirasi yang lebih baik lagi. Menciptakan suatu kelompok yang dapat bekerja sama jika bekerja secara tim dan memiliki semangat untuk melakukan sesuatu yang lebik baik lagi  terutama dalam bidang kewirausahaan," jelas Fitri.


Menurut Fitri bazar ini sangat bermanfaat karena akan bisa menumbuhkan nilai - nilai karakter kewirausahaan, meningkatkan kreatifitas agar peserta didik mampu bersaing dengan dunia usaha.


Bazar diikuti oleh peserta didik dan guru SMA Kota Padang yang mana masing - masing sekolah yang mengutus dua orang peserta didik dan satu guru PKWU sebagai pendamping.


Hasil produk yang dijual ada tiga bidang yaitu:

1. Bidang kerajinan

a. Mainan kunci

b. Produk makrame

c. Hiasan dinding dari sulaman benang emas


2. Bidang pengolahan

a. Mangkok tempurung

b. Bakso ikan

c. Minuman


3. Bidang budidaya

a. Budidaya telur puyuh

b. Budidaya ikan hias

c. Budidaya hidroponik


Fitri Yeni menyebut, "kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Sumbar dan memberikan izin pelaksanaan bazar besok dengan ketentuan mematuhi prokes, menjaga keamanan dan nama baik sekolah. Bagi peserta didik yang ikut harus mendapat izin dari orang tua dan selesai acara kami akan memberikan laporan," sebutnya.


Ia berharap dengan diadakannya bazar ini maka siswa dapat termotivasi dan mengembangkan usaha.


"Jika mereka tamat nanti, mereka bisa mengembangkan produknya dengan melakukan penjualan dan pemasaran. Lebih jauh kegiatan ini bisa menimbulkan nilai - nilai yang dapat berkreativitas dan mengembangkan  jiwa entrepreneur. Ini merupakan tujuan jangka panjangnya sehingga siswa dapat memiliki lebih nilai kewirausahaan yang kreatif, inovatif, trampil dan skil," harap Fitri Yeni. (FitYa/AdF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari