PMI Kota Padang Laksanakan Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan Se-Kota Padang - 24 Inews

Breaking

Selasa, 22 Februari 2022

PMI Kota Padang Laksanakan Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan Se-Kota Padang

 



 24INEWS.COM--Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Padang masa bakti 2021-2026 di kukuhkan oleh Pelindung PMI Kota Padang Hendri Septa yang didampingi oleh ketua PMI Kota Padang Zulhardi Z Latif,SH.MM bertempat di Aula Ruang Pertemuan Bagindo Aziz Chan Kantor Walikota Padang, Senin (21/2) pagi.


Dalam kesempatan ini Zulhardi Z Latif Ketua PMI Kota Padang menyampaikan ucapkan terimakasih banyak kepada Wali Kota Padang Hendri Septa yang telah melantik pelindung dan Dewan Kehormatan serta pengurus PMI Kecamatan se-Kota Padang periode 2021-2026.


Ia juga mengucapan selamat kepada camat- camat se-Kota Padang yang menjadi pelindung di kecamatan dan juga dewan kehormatan serta ketua dan pengurus PMI Kecamatan se-Kota Padang.


Zulhardi menyampaikan bahwa sesuai dengan UU  no 1 tahun 2018 tentang kepalang merahan ada 8 tugas pokok PMI secara nasional diantaranya yang pertama membantu pelayanan kesehatan dan kegiatan sosial yang kedua, membantu penanganan musibah dan bencana alam.


"Ini kita sampaikan kepada Wali Kota, bahwa kita PMI selalu rutin berada di saat keadaan dalam musibah, baik banjir maupun longsor maupun orang hilang. PMI selalu berada di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya.


Selanjutnya juga pembinaan relawan, memberikan pelayanan darah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 


"Untuk Donor darah ini, kita sangat selalu kekurangan darah dan Alhamdulillah kita selalu di bantu oleh 4 penggerak yang rutin melaksanakan donor darah dan insyaallah nanti kita juga akan memberikan penghargaan," ungkapnya


Yang pertama Bapak Andre algamar yang selalu, sekali dua setengah bulan melaksanakan donor darah di instansinya. Walaupun itu di saat pandemi tetap melaksanakan donor darah di Dinas Perdagangan Kota Padang.


Selanjutnya dari CSR semen Padang yang juga selalu rutin melaksanakan kegiatan donor darah. 

Juga bapak Martin di HBT yang selalu melaksanakan donor darah sekali dua bulan. Yang semua biaya di tanggung oleh beliau. Kalau di HBT. Karena di HBT itu selalu diberikan sembako.


"Kabarnya untuk tahun ini, 5 ribu pendonor darah yang diberikan doolprez dan sembako. Program ini sangat membantu sekali PMI Kota Padang," katanya.


Selanjutnya dari Swalayan SJS, Bapak Ridwan yang selalu melaksanakan donor darah di setiap bulan puasa atau bulan ramadhan


"Disaat sulitnya masyarakat untuk donor darah. Alhamdulillah di SJS selalu mengkaper. Tahun kemarin di bulan Ramadhan kita mendapatkan 1300 kantong yang juga diberikan doolprez di akhirnya bulan Ramadhan," ungkapnya lagi.


Untuk harapannya kedepan. Zulhardi juga berharap kepada Wali Kota Padang agar bisa menghimbau kepada instansi-instansi yang mempunyai karyawan-karyawan atau pegawai yang lebih banyak seperti satpol PP, Damkar. Agar bisa menggerakkan donor darah di instansi pemerintah seperti yang sudah dilaksanakan di Dinas perdagangan.


Ia juga menyampaikan pesan kepada pengurus PMI Kota Padang bersama PMI Kecamatan se-Kota Padang yang juga dibantu oleh KSR PMI yang ada di perguruan tinggi. Bahwa kedelapan tugas pokok PMI tersebut adalah tanggung jawab kita bersama.


Untuk itu Zulhardi minta kepada pengurus PMI Kecamatan yang baru dilantik. Agar bisa mengkoordinasikan KSR-KSR di perguruan tinggi seperti Bung Hatta di Kecamatan Padang Selatan, UNP di Kecamatan Padang Utara, UPI di Lubeg, Unand di Kecamatan Pauh dan UIN di Kecamatan Kuranji.


"Ini adalah relawan kita semua yang perlu kita koordinasikan tugas dari PMI kecamatan nantinya dan juga ada Palang Merah Wira untuk tingkat SMA Palang Merah madia untuk tingkat smp dan palang merah formula untuk tingkat SD dan semuanya ada di tingkat kecamatan. Inilah kader-kader palang merah kita untuk bekerja membantu PMI dan juga ada TSR (Tenaga Sukarela) yang pada tamatan-tamatan KSR maka bergabung ke TSR dan TDS Donor darah sukarela," katanya lagi.


Terakhir ketua PMI Kota Padang Zulhardi mengajak pengurus PMI kecamatan yang baru dilantik, untuk bersama-sama menjalankan tugas kemanusiaan ini dengan tulus dan ikhlas tanpa pamrih. Semoga PMI bisa jadi PMA (penanaman modal akhirat) nantinya. (FitYa/Dori)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari