Ketua PMI Pasbar Tinjau Rumah Huntara Bagi Korban Gempa - 24 Inews

Breaking

Rabu, 09 Maret 2022

Ketua PMI Pasbar Tinjau Rumah Huntara Bagi Korban Gempa

 




24INEWS.COM-- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat Risnawanto meninjau contoh rumah hunian sementara yang dibangun oleh Tim PMI yang berlokasi di SMP 2 Talamau, Sabtu (5/3). Ia mengatakan bahwa rumah hunian sementara ini sudah memenuhi standar sphere yang diatur oleh WHO untuk penampungan sementara pengungsi korban gempa. 


"Kita sudah buat contoh satu unit rumah hunian sementara bagi warga terdampak gempa yang dibangun di halaman SMP 2 Talamau. Rumah hunian sementara ini dibuat dengan ukuran 3x4 meter persegi dengan lantai dari bambu dilapisi terpal dan atap serta dinding juga dari terpal. Rumah hunian sementara ini bisa bisa ditempati untuk satu keluarga," kata Wakil Bupati Pasaman Barat yang juga Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto.


Ia menambahkan untuk tahap awal, PMI akan membangun sekitar 200 unit rumah hunian sementara yang akan ditempatkan di halaman rumah atau samping rumah warga yang roboh.


"Saat ini kita sedang memetakan jumlah kebutuhan rumah hunian sementara, sembari menunggu data final kerusakan keseluruhan,"ungkapnya.


Menurutnya hunian sementara ini bisa digunakan selama enam hingga delapan bulan sampai ada bantuan pemerintah untuk kembali membangun rumah warga yang rusak.


Ia mengimbau kepada para dermawan, stakeholder terkait, non government, organisasi dan lainnya untuk bersama-sama membangun hunian sementara bagi warga terdampak gempa.


Selain itu, dalam kesempatan tersebut Wabup Risnawanto juga meninjau ketersediaan sarana lainnya bagi pengungsi seperti MCK, dan air bersih.(ida)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius