Lisda Hendrajoni Menggelar Pre- launching Batik Yang Ia Sebut Dengan Batik Tingkuluak - 24 Inews

Breaking

Selasa, 22 Maret 2022

Lisda Hendrajoni Menggelar Pre- launching Batik Yang Ia Sebut Dengan Batik Tingkuluak

 



24INEWS.COM--Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumatera Barat, Lisda Hendrajoni menggelar pre-Launching Batik yang ia sebut dengan Batik Tingkuluak. Pre – Launching tersebut juga bertepatan dengan rangkaian HUT IPEMI Kota Padang yang berlangsung di IBIS Hotel, Sabtu (19/8/2022).


Menurut Lisda, Ide memberi nama motif batik Tingkuluak tersebut muncul saat foto dirinya yang memakai Tingkuluak dijadikan karikatur oleh salah seorang seniman.


“Jadi ada salah seorang seniman yang membuat lukisan foto kami saat mengenakan Tingkuluak, dan terlihat sangat ciamik. Dari situ muncul ide untuk menamai batik ini dengan batik Tingkuluak,” ujar Lisda.


Selain itu, menurut anggota DPR RI asal Sumatera Barat tersebut, hal ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya alam Minangkabau yang sudah mulai tertelan oleh zaman.



 

“Tingkuluak yang merupakan salah satu pakaian adat Bundo Kanduang yang dikenakan di kepala. Dengan adanya Batik Tingkuluak, kami berupaya melestarikan dan mengabadikan Tingkuluak kedalam motif batik,” sambungnya.


Meski masih dalam suasana pre-launching, Batik Tingkuluak sudah mulai diperkenalkan kepada masyarakat dan designer. Lisda menyebutkan sedang menjalin kerjasama dengan salah seorang designer ternama, untuk nantinya kegiatan Launching yang akan digelar pada tahun ini.



 

“Insha Allah, Launching akan kita laksanakan tahun ini. Kita sedang menjalin hubungan kerjasama dengan designer ternama, nantinya kita akan tampilkan keseluruhan pada Event Launching,” pungkasnya.


Selain Batik Tingkuluak, Lisda Hendrajoni sebelumnya juga ikut mempromosikan sejumlah batik asal Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Sebut saja Batik Mande Rubiah, Batik Loempo, dan Batik Korona.(RD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari