Rapat Pembentukan Ikatan Alumni SMA 2 Painan - 24 Inews

Breaking

Senin, 18 April 2022

Rapat Pembentukan Ikatan Alumni SMA 2 Painan

 



24INEWS.COM - Alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar rapat pembentukan Ikatan Alumni (IKA) lintas angkatan demi mendukung majunya pendidikan di daerah. 


Ketua Panitia M. Adli menyampaikan pembentukan IKA seluruh angkatan adalah atas dasar gagasan bersama antara pihak sekolah beberapa waktu lalu dengan tujuan turut memajukan pendidikan di sekolah dan Pesisir Selatan pada umumnya. 


"Namun yang tak kalah penting adalah membangun rasa persaudaraan sesama alumni lintas angkatan," ujarnya saat buka puasa bersama di Painan.


Buka puasa bersama turut dihadiri Kepala Sekolah Erisman, perwakilan majelis guru Doni Bastian serta segenap perwakilan alumni yang terdiri dari 31 tamatan mulai dari 1992 sampai tamatan 2022. 


Sementara untuk pemilihan ketua IKA bakal digelar pada 5 Mei atau H+3 Lebaran Idul Fitri 1443 H 2022 Masehi, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan para guru yang masih aktif maupun sudah pensiun. 


M. Adli melanjutkan semangat pendirian IKA Alumni SMA 2 Painan sejalan dengan salah satu tujuan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang telah tertuang di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.


Pada alinea ke-empat norma dasar konstitusi negara itu para pendiri bangsa ini secara sadar menegaskan salah satu tujuan nasional dari kemerdekaan bangsa adalah turut mencerdaskan kehidupan bangsa. 


Artinya memajukan pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab nagara semata, meski sebagai urusan wajib pemerintahan. Akan tetapi harus ada dukungan dari semua pihak, termasuk alumni sekolah itu sendiri. 


"Kami menyadari, alumni harus punya tanggung jawab moril terhadap sekolah yang pernah menjadi tempat menimba ilmu," terangnya. 


Selain itu jelas M. Adli pendirian IKA lintas angkatan terlepas dari semua kepentingan pribadi, kelompok dan golongan tertentu. Keberadaan IKA SMA 2 Painan hanya semata untuk sekolah dan lingkungan sekitarnya. 


Organisasi yang bersifat sosial itu tidak akan pernah terseret kepentingan lain di luar kepentingan sekolah, lingkungan sekitar dan para junior yang kini tengah menimba ilmu di sekolah. 


"Lainnya tidak. Inshaa Allah, organisasi tak akan pernah terjebak dengan kepentingan pragmatis manapun juga," tegasnya pada semua hadirin yang hadir. 


Pada kesempatan itu Kepala Sekolah Erisman sangat mengapresiasi semangat dan ketulisan alumni untuk mendirikan IKA SMA 2 Painan, mengingat keberadaannya sangat penting bagi masa depan sekolah. 


Sekolah sangat membutuhkan dukungan moril dari alumni, bukan materil agar bisa lebih baik, terus berprestasi memajukan dunia pendidikan daerah, regional dan secara nasional pada umumnya. 


Sebagai contoh untuk mengikuti akreditasi, sekolah harus memiliki IKA lintas angkatan. Begitu pun dalam penilaian lomba Adiwiyata yang mewajibkan adanya perannan alumni lintas angkatan. 


"Kami atas nama pihak sekolah dan pribadi tentu sangat mendukung pembentukan dan berdirinya IKA lintas angkatan," tuturnya ketika memberikan sambutannya di rapat pembentukan panitia pelaksana.(R)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari