PMI Kota Padang Melaksanakan Orientasi Kepalangmerahan bagi Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Padang - 24 Inews

Breaking

Minggu, 17 Juli 2022

PMI Kota Padang Melaksanakan Orientasi Kepalangmerahan bagi Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Padang


24INEWS.COM-- Melaksanakan Orientasi Kepalangmerahan bagi Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Padang masa bakti 2021-2026. Digelar di ruang pertemuan UDD (Unit Donor Darah) PMI Kota Padang, pada Sabtu 16 Juli 2022. Ketua PMI Kota Padang Zulhardi Z Latif berikan materi terkait fungsi pokok kerja dipengurusan PMI. 


Ketua PMI Kota Padang, Zulhardi Z Latif usai menutup Orientasi tahap I mengatakan, Orientasi Pengurus PMI Kecamatan se Kota Padang ini sebenarnya sudah terlambat. Seharusnya rangkaian ini sudah dilaksanakan saat dipelantikan pengurus kecamatan kemaren.


"Jadi disaat pelantikan pengurus kecamatan lalu, itu sekaligus orientasi. Karena pelantikan masih dalam suasana covid, maka diundur pada saat sekarang ini, yaitu tahap pertama tanggal 16 dan tahap keduanya di 23 Juli nanti," ujar Zulhardi.


Ia menyebutkan, ini dilaksanakan karena Orientasi ini pada setiap pengurus di PMI, itu wajib untuk mengikutinya. Jadi seluruh pengurus, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten dan kecamatan wajib hukumnya untuk melaksanakan Orientasi.


"Makanya pada saat ini kita laksanakan. Itu ada 2 tahap, supaya kecamatan bisa mengikuti secara keseluruhan, kalau tidak bisa mengikuti pada tanggal 16, nanti pengurus kecamatan ini bisa mengikuti tanggal 23," ucap Zulhardi. 


Disebutnya, Orientasi ini adalah untuk mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi pengurus Palang Merah tersebut. Apa-apa saja yang harus dilakukan ditingkat kecamatan. Baik disaat aman, disaat bencana, paska bencana, dan rehabilitasi, dan ini perlu diketahui oleh pengurus PMI dikecamatan.


Ditambahkan, PMI merupakan organisasi yang bergerak dibidang kesehatan dan penanggulangan bencana dan sosial lainya. Seperti bencana kebakaran, kebanjiran, gempa bumi dan lain sebagainya. Itu yang tau partama sekali adalah pengurus PMI yang ada kecamatan, nanti mereka lah yang akan meneruskan informasi itu ke tingkat pengurus kota.


"Termasuk asesmen yang dilakukan, apa-apa saja kejadiannya, kapan, siapa saja korbannya dan berapa jumlahnya. Inilah yang sangat penting dilakukan oleh PMI kecamatan se Kota Padang dan itulah salah satu materi kita pada kesempatan ini," pungkas Zulhardi. (Arman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Fitrya Sari