Irwan Basir Hadiri Pertemuan Bulanan Kongsi Kematian Tui Sepakat - 24 Inews

Breaking

Sabtu, 10 Desember 2022

Irwan Basir Hadiri Pertemuan Bulanan Kongsi Kematian Tui Sepakat


 


24INEWS.COM - Tokoh Masyarakat Kuranji yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM mengatakan perkumpulan organisasi sosial seperti Kongsi kematian adalah salah satu bentuk perwujudan rasa kebersamaan dalam satu lingkungan tempat tinggal. Selain untuk lebih mempererat rasa persaudaraan, organisasi seperti kongsi ini juga bertujuan membantu antar sesama anggota dalam kegiatan sosial dalam hal segala permasalah yang terjadi diantara anggota kongsi.


"Saya melihat organisasi seperti kongsi ini sangat besar manfaatnya dalam suatu lingkungan tempat tinggal. Disamping dapat mempererat tali persaudaraan, kongsi juga dapat melakukan kegiatan sosial yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh anggota dan juga masyarakat banyak."


Demikian dikatakan oleh ninik mamak nagari Pauh IX ini saat menghadiri pertemuan bulanan anggota kongsi kematian Tui Sepakat Kecamatan Kuranji Kota Padang pada Jumat, 9/12/2022 di Tui Kuranji.


Lebih lanjut disampaikan,  saat ini penduduk wilayah Kelurahan Kuranji sudah lebih dari 41.000 jiwa. Mereka berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, disamping penduduk asli Kuranji sendiri. Bisa dibayangkan betapa beragamnya penduduk dalam satu wilayah atau satu RT pada suatu lingkungan tempat tinggal. Namun, dengan adanya wadah tempat menyatukan mereka untuk berkumpul dan bersilaturahmi seperti organisasi kongsi ini, keheterogenan yang ada di masyarakat dengan segala perbedaannya tidak terasa lagi karena organisasi kongsi sudah mempererat rasa persaudaraan mereka dan rasa persatuan.


"Sebagaimana kita ketahui penduduk Kelurahan Kuranji sekarang sudah lebih dari 41.000 jiwa. Disamping penduduk asli Kuranji sendiri, banyak saudara-saudara kita yang datang dari daerah lain yang bertempat tinggal di sini. Bisa dibayangkan, betapa beragamnya kehidupan masyarakat di Kuranji ini. Namun, dengan adanya wadah tempat mereka untuk berkumpul dan bersilaturahmi seperti organisasi kongsi ini, keheterogenan yang ada di masyarakat dengan segala perbedaannya tidak terasa lagi karena organisasi kongsi sudah menyatukan mereka dalam satu rasa persaudaraan yang saciok ba ayam dan sadanciang bak basi untuk saling membantu satu sama lainnya," ujar tokoh yang juga Ketua Dekopinda ini.


Di samping itu, Irwan Basir berpesan agar selalu menjaga ke kompakan antar sesama anggota dalam organisasi kongsi. Kelola organisasi dengan open manajemen agar tidak ada muncul rasa curiga diantara anggota dan pengurus. 


"Saya berpesan agar setiap anggota untuk selalu menjaga kekompakkan dalam kongsi ini. Agar tidak menimbulkan rasa saling curiga diantara pengurus dan anggota, maka kelola organisasi dengan open manajemen atau secara transparan agar tidak ada lagi yang merasa tertinggal atau ditinggalkan. Sehingga anggota betul-betul merasa memiliki organisasi ini dan manfaatnya sangat dirasakan oleh setiap anggota," pesan lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Dekopinda Kota Padang ini.


Pertemuan bulanan kongsi kematian ini juga dihadiri oleh tokoh masyarakat Kuranji lainnya Irwan Zuldani yang turut memberi suport dan motivasi kepada pengurus dan anggota kongsi. (Desi/MS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Website www.24inews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Firma Ragnius